Rabu, 12 Oktober 2011

Pentingnya Manajemen Sistem Informasi Publik


Manajemen sistem Informasi Publik diadopsi dari sistem informasi manajemen (SIM) yang diaplikasikan pada sektor swasta. Mungkin dalam benak kita menyakan, mengapa si sektor publik perlu mengadsopsi manajemen sistem informasi? seberapa pentingnya kah kebutuhan akan manajemen sistem informasi publik ini?
well, sebelum menjawab mungkin perlu tahu pengertian dari manajemen sistem informasi itu sendiri.
Manajemen Sistem Informasi berasal dari kata manajemen dan Sistem Informasi. Dimana  Ricky W. Griffin mendefinisikanManajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien1. Sedangkan Sistem Infomasi diartikan sebagai sekumpulan data yang saling terhubung. Jadi Manajemen Sistem Informasi adalah sebuah proses untuk merencanakan, mengoordinasikan, mengorganisasikan data data yang ada agar saling terhubung,
Mungkin dari defenisi Manajemen Sistem Informasi tersebut dapat menjawab mengapa perlu dan pentingnya sektor publik mengadopsi manajemen sistem Informasi ini. Dan jawabannya adalah dengan adanya Manajemen Sistem Informasi ini, sektor publik akan dipermudah dalam menjalankan tugas tugasnya. Dokumen yang dulu bertumpukan dapat diringkas menjadi file file yang mengefisiensi dan mengefektifitaskan data data yang terpisah menjadi saling terhubung, sehingga dalam melayani akan lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar